menu

Pemkab Karawang Dorong BUMDES Bergerak di Bidang Pertanian

Humaniora
Selasa, 03 Oktober 2017, 11:06 WIB
Penulis. Wahyu


Pemkab Karawang Dorong BUMDES Bergerak di Bidang Pertanian

BUMDES (Foto: infotrainingkonsultan.com)

KARAWANG, Pemerintah Kabupaten Karawang, Jawa Barat, akan mendorong Badan Usaha Milik Desa untuk bergerak di bidang pertanian sebagai upaya mewujudkan penguatan perekonomian di bidang pertanian.

"Saat ini sudah ada 297 Bumdes (Badan Usaha Milik Desa), tapi belum semua bergerak di bidang pertanian," kata Sekretaris Daerah Karawang Teddy Rusfendi Sutisna, di Karawang, Selasa.

Ia mengaku ke depan akan mendorong Bumdes yang ada di Karawang untuk bergerak di bidang pertanian. Sehingga akan terjadi penguatan ekonomi melalui bidang pertanian.

Menurut dia, Bumdes yang bergerak di bidang pertanian nantinya akan menjadi pondasi untuk kemudian dibentuk Badan Usaha Milik Daerah Jika seluruh Bumdes di Karawang bergerak di bidang pertanian, maka akan menjadi mitra kerja BUMD Pertanian. Dengan begitu, pengembangan ekonomi pertanian terintegrasi dari tingkat desa hingga tingkat kabupaten.

Nantinya, BUMD Pertanian bisa melakukan pengendalian harga pangan. Bahkan bisa juga mengendalikan harga gabah yang dijual petani.

"Mudah-mudahan tahun depan sudah terbentuk BUMD Pertanian di Karawang," katanya[]

Sumber: Antara
 

Pemkab KarawangBUMDESPertanian

 

 

Baca Juga