menu

Pematangsiantar Tergetkan Tingkatkan Tanam Padi dengan Program Tanam Serentak

Ekonomi
Kamis, 29 Maret 2018, 09:04 WIB
Penulis. Ahmad Fiqi Purba


Pematangsiantar Tergetkan Tingkatkan Tanam Padi dengan Program Tanam Serentak

Ilustrasi (ANTARAFOTO/Rony Muharrman).

SOKSINEWS.COM, Pemerintah Kota Pematangsiantar, Sumatera Utara, menargetkan penanaman padi seluas 4.743 hektare dengan produksi gabah kering giling sebanyak 28.932 ton pada 2018.

"Target tersebut untuk mendukung swasembada pangan di daerah," kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, Kota Pematangsiantar Tuahman Saragih di Pematangsiantar, Kamis (29/3).

Dikutip Antara, Lebih lanjut Tuahman mengatakan, untuk mencapai target tersebut pihaknya berupaya meningkatkan intensitas pertanaman melalui program pola tanam serentak yang telah dicanangkan dan memacu perluasan lahan tanam di Kecamatan Siantar Marihat, Siantar Marimbun, Siantar Martoba dan Sitalasari.

Para petani dengan pendampingan PPL diarahkan untuk menggunakan pola tanam jajar legowo dan pengaturan pola tanam agar dapat diperoleh indeks pertanaman tiga kali (IP 3).

Kebutuhan pupuk pada tahun 2018 diperkirakan mencapai 2.826 ton dengan berbagai jenis dalam kemasan 50 Kg, sementara yang didistribusikan Januari-Februari 2018 mencapai 167 ton.

Tuahman menegaskan, upaya itu merupakan dukungan bagi upaya pencapaian swasembada pangan berkelanjutan yang telah diprogramkan Presiden Joko Widodo melalui semangat Nawacita.

Rahman (46), petani di Kecamatan Siantar Martoba, berharap Pemerintah Kota melalui dinas terkait menjamin ketersediaan pupuk bersubsidi dan mudah diperoleh.

Dia mengatakan, ketersediaan kerap menjadi masalah bagi petani saat tanaman membutuhkan pupuk supaya tumbuh dengan baik dan memberikan hasil maksimal.[]

Editor. Sunardi Panjaitan

PertanianPematangsiantarSumatera Utara

 

 

Baca Juga