menu

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto Harapkan KSAL Warnai Pembangunan Nasional

Nasional
Senin, 28 Mei 2018, 12:58 WIB
Penulis. Ahmad Fiqi Purba


Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto Harapkan KSAL Warnai Pembangunan Nasional

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto

SOKSINEWS.COM, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto mengharapkan peran yang lebih menonjol dari TNI Angkatan Laut dalam mewarnai pembangunan nasional, khususnya pembangunan TNI dalam bidang pertahanan keamanan.

"TNI AL selain memiliki tugas membina kekuatan yang diwujudkan dalam sistem kesenjataan SSAT (Sistem Senjata Armada Terpadu), juga sekaligus merupakan operator atau pelaksana operasi-operasi TNI," kata Panglima TNI dalam amanatnya saat Sertijab Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) dari Laksamana TNI Ade Supandi kepada Laksamana TNI Siwi Sukma Adji di Mabesal Cilangkap, Jakarta Timur, Senin (28/5).

Peran universal Angkatan Laut sebagai kekuatan militer, kekuatan diplomasi, dan kekuatan polisionil atau konstabulari merupakan formasi tugas lengkap yang harus diperankan oleh TNI AL secara maksimal.

Oleh karena itu, lanjut dia, diperlukan kepemimpinan yang kuat "strong leadership", yang didukung oleh staf dan prajurit TNI AL yang loyal, militan, dan profesional serta dilandasi jiwa kesatria, untuk dapat menjalankan tugas-tugas TNI AL saat ini dan di masa mendatang.

Dalam kesempatan itu, Hadi mengucapkan terimakasih yang tulus kepada Laksamana TNI Ade Supandi yang telah memimpin TNI AL dengan berbagai kesuksesan dan keberhasilan, serta memberikan pondasi yang kuat bagi generasi selanjutnya.

Pengabdian dan kerja keras Laksamana Ade Supandi dan Ibu Endah Ade Supandi merupakan teladan bagi kita semua, yang memberikan inspirasi serta kesan mendalam pada seluruh prajurit TNI AL, katanya.

Ia juga mengucapkan selamat dan sukses kepada Laksamana TNI Siwi Sukma Adji atas kepercayaan yang diberikan oleh Negara untuk menjadi Kepala Staf TNI Angkatan Laut yang baru.

"Dipundak Laksamana-lah, tugas, tanggung jawab dan wewenang sebagai Kepala Staf Angkatan laut diberikan. Bila itu dianggap sebagai beban maka akan terasa berat, namun bila itu dianggap sebagai kewajiban maka itu adalah tantangan. Saya yakin dan percaya akan kualitas diri pribadi, kemampuan dan profesionalitas, serta kepemimpinan Laksamana, akan dapat membawa organisasi TNI AL ke arah yang lebih baik," tutur Panglima TNI, seperti dilansir Antara.

Ia juga berharap agar KSAL Laksamana TNI Siwi Sukma Adji mampu melaksanakan proram-program TNI AL yang sudah di canangkan oleh Panglima TNI yaitu 11 prioritas yang beberapa sudah terealisasi agar menjadi TNI yang profesional dan modern.

Sementara itu, KSAL Laksamana TNI Siwi Sukma Adji menambahkan apa yang disampaikan oleh Panglima TNI tentang program kegiatan yang fokus TNI AL ke depan akan diteruskan.

"Saya akan wujudkan sesuai dengan apa yang dilaksanakan oleh Laksamana Ade Supandi. Hal ini penting sekali saya sampaikan karena kita tahu tuntutan dan dinamika ke depan yang begitu cepat perubahannya, sehingga kita harus mengimbangi dan menciptakan stabilitas, politik, serta keamanan di negeri ini," kata Siwi.

Hadir dalam acara itu, KSAD Jenderal TNI Mulyono KSAU Marsekal TNI Yuyu Sutisna, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo, mantan Panglima TNI Laksamana (Purn) Agus Suhartono, mantan KSAL Laksamana TNI Marsetio dan para sesepuh TNI lainnya. []

Editor. Sunardi Panjaitan

Panglima TNIMarsekal Hadi TjahjantoKSAL

 

 

Baca Juga