menu

Distan Mukomuko Panggil Seluruh Pimpinan Kelapa Sawit Pertanyakan Penyebab Rendahnya Harga

Ekonomi
Jumat, 20 Juli 2018, 14:52 WIB
Penulis. Ahmad Fiqi Purba


Distan Mukomuko Panggil Seluruh Pimpinan Kelapa Sawit Pertanyakan Penyebab Rendahnya Harga

Pabrik sawit di Mukomuko. (Foto Berlian Genesis)

SOKSINEWS.COM, Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, panggil seluruh pimpinan perusahaan kelapa sawit guna menanyakan penyebab rendahnya harga beli tandan buah segara (TBS) selama dua bulan terakhir. 

"Kami memanggil pimpinan seluruh perusahaan kelapa sawit di daerah ini, Sabtu (21/7), menanyakan penyebab rendahnya harga (TBS) sawit," kata Kabid Perkebunan Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Erri Siagian di Mukomuko, Jumat (20/7).  

Pemerintah setempat sudah dua kali menyampaikan teguran tertulis kepada seluruh perusahaan kelapa sawit di daerah itu yang tidak mematuhi aturan harga beli TBS, yaitu sebesar Rp1.200 per kilogram.

Ia menyatakan, berdasarkan keterangan sementara dari sejumlah perusahaan kelapa sawit, mereka tidak bisa membeli tandan buah segar kelapa sawit tidak sesuai dengan ketetapan tim karena yang menentukan harga beli TBS kelapa sawit pimpinan perusahaan di tingkat pusat.

"Mereka punya pimpinan tinggi di tingkat pusat yang memiliki kewenangan menetapkan harga beli TBS kelapa sawit," ujarnya. 

Kendati demikian, ia menyatakan, tetap menunggu jawaban yang lebih rinci dari perusahaan kelapa sawit yang tidak membeli TBS kelapa sawit sesuai dengan harga ketetapan tim perumusa harga sawit pemerintah provinsi setempat.

Ia menyatakan, setelah ini instansinya akan melaporkan semua perusahaan yang tidak membeli TBS kelapa sawit sesuai dengan harga ketetapan tim perumus harga sawit kepada gubernur.

"Kami di daerah ini hanya sebagai pelaksana saja. Yang punya kewenangan gubernur," ujarnya.[]


 

Editor. Sunardi Panjaitan

Dinas PertanianMukomukoBengkulu

 

 

Baca Juga