menu

Dinas Pertanian DIY Libatkan Mahasiswa Universitas Gajah Mada Periksa Kesehatan Qurban

Nasional
Jumat, 27 Juli 2018, 09:46 WIB
Penulis. Ahmad Fiqi Purba


Dinas Pertanian DIY Libatkan Mahasiswa Universitas Gajah Mada Periksa Kesehatan Qurban

Ilustrasi

SOKSINEWS.COM, Dinas Pertanian Daerah Istimewa Yogyakarta akan melibatkan tidak kurang 200 mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Gadjah Mada untuk memeriksa kesehatan daging hewan kurban pada Hari Raya Idul Adha 1439 Hijriah.

"Dengan pelibatan mahasiswa, kami berharap daging hewan kurban nanti bisa terjamin kesehatannya, keutuhan, dan kehalalannya," kata Kepala Bidang Peternakan Dinas Pertanian (Distan) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sutarno di Yogyakarta, Jumat (27/7).

Menurut Sutarno, sebanyak 200 mahasiswa kedokteran hewan bersama para petugas dari Distan DIY akan disebar ke 2.000 titik penyembelihan hewan mulai dari tingkat kecamatan hingga dusun di DIY.

"Saat ini kami merencanakan untuk memberikan pelatihan kepada mereka sebelum diterjunkan," kata dia.

Selain mahasiswa, menurut dia, Distan DIY juga akan menyiagakan para dokter hewan yang tersebar di 40 Puskeswan setempat.

Sebelumnya, kata dia, Distan DIY bersama petugas Puskeswan yang tersebar di lima kabupaten/kota juga telah melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah hewan kurban di tingkat peternak.

Berdasarkan hasil pemeriksaan, menurut dia, dapat dipastikan bahwa hewan kurban di DIY bebas dari penyakit seperti anthrax maupun penyakit 'zoonosis' (menular pada manusia) lainnya.

Kendati hingga saat ini dipastikan tidak ada penyakit berbahaya, ia mengatakan, mendekati hari raya Idul Adha Distan DIY akan meningkatkan intensitas pengawasan sapi atau domba khususnya di pasar tempat penjualan hewan serta sejumlah rumah pemotongan hewan (RPH).

"Karena meski stok sapi di DIY sudah mencukupi, tidak menutup kemungkinan hewan kurban masuk dari luar daerah," kata dia.

Menurut Sutarno, jumlah keseluruhan populasi sapi baik jantan maupun betina di DIY saat ini mencapai 300.000 ekor, tidak jauh berbeda dengan persediaan tahun 2017.

Sedangkan stok sapi siap potong pada 2018, kata dia, diperkirakan mencapai 25.000 ekor, dan kambing atau domba mencapai 50.000 ekor.[]

Editor. Sunardi Panjaitan

Dinas PertanianDIYUniversitas Gadjah MadaQurban

 

 

Baca Juga