menu

Lima Desa di Temanggung Alami Kekeringan Butuh Bantuan Air Bersih

Nasional
Senin, 22 Juli 2019, 08:19 WIB
Penulis. Ahmad Fiqi Purba


Lima Desa di Temanggung Alami Kekeringan Butuh Bantuan Air Bersih

Warga mengambil air dari lubang yang digali di dasar sungai yang kering di Desa Glagah, Tangen, Sragen, Jawa Tengah, Selasa (16/7/2019). Warga setempat kesulitan untuk mendapatkan air bersih sejak dua bulan terakhir sehingga mereka memanfaatkan sumber air dari dasar sungai untuk keperluan rumah tangga. ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha/aww.

SOKSINEWS.COM, Sebanyak lima desa di lima kecamatan di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah mengalami kekeringan dan membutuhkan bantuan air bersih di musim kemarau ini.

"Kelima desa tersebut, yakni Gentan Kecamatan Kranggan, Drono Kecamatan Tembarak, Jetis Kecamatan Selopampang, Dampit Kecamatan Tlogomulyo, dan Kalimanggis Kecamatan Kaloran," kata Pelaksana Tugas Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Temanggung Gito Walngadi di Temanggung, Senin (22/7/2019).

Gito menyampaikan sumber air di sejumlah daerah tersebut sudah mengering sehingga membutuhkan bantuan air bersih.

"Sebelumnya kami menerima surat permohonan bantuan air bersih dari lima kecamatan tersebut dan setelah kami lakukan pengecekan memang wilayah tersebut memerlukan droping air bersih," katanya.

Ia menuturkan setiap hari BPBD Kabupaten Temanggung mendistribusikan air bersih ke daerah kekeringan sebanyak enam tangki.

Menurut dia potensi daerah rawan kekeringan di Kabupaten Temanggung terdapat di 12 kecamatan, yang terdiri atas 40 desa dan 129 dusun atau titik.

Ia mengimbau para kepala desa di daerah rawan kekurangan air bersih untuk aktif menyampaikan perkembangan di daerahnya.

"Segera minta bantuan air bersih jika memang sangat membutuhkan," katanya.[]

Editor. Sunardi Panjaitan

KemarauTemanggungJawa TengahAir Bersih

 

 

Baca Juga