menu

Sambut Perayaan HUT RI, Penjual Mulai Produksi Pernak-Pernik Kemerdekaan

Ekonomi
Senin, 22 Juli 2019, 16:34 WIB
Penulis. Kaslan


Sambut Perayaan HUT RI, Penjual Mulai Produksi Pernak-Pernik Kemerdekaan

Seorang pekerja tengah menjahit bendera merah putih di Pasar Senen, Jakarta (22/7/2019). ANTARA/Asep Firmansyah (Asep Firmansyah)

SOKSINEWS.COM, Meski peringatan 17 Agustus masih sebulan lagi, para penjual di Pasar Senen, Jakarta Pusat, mulai memproduksi beragam pernak-pernik kemerdekaan untuk selanjutnya didistribusikan ke berbagai wilayah. Para pedagang di Blok V Pasar Senen yang biasanya menjual atribut partai, kini mulai memproduksi berbagai macam pernak-pernik.

Salah satu penjual, Imron Putraji, mengatakan geliat penjualan saat ini belum terasa. Biasanya, pembeli mulai berdatangan atau barang mulai dikirim ke berbagai daerah dua hingga tiga minggu jelang peringatan kemerdekaan.

"Banyaknya (pembeli) pas masuk Agustus mulai rame. Sekarang masih lama jadi belum banyak juga yang beli," ujar Imron ditemui di Pasar Senen, Senin (22/7/2019).

Meski begitu, para pedagang banyak yang sudah menstok barang produksinya sejak tiga bulan yang lalu. Kondisi ini untuk mengantisipasi apabila permintaan dari luar daerah melonjak melalui pemesanan Online.

Soal harga, bendera berukuran 90 cm ia hargai Rp15.000 perbuah, ukuran 120 cm dihargai Rp25.000 sedangkan ukuran 150 cm Rp40.000. Untuk vitrase panjang lima meter dijual dengan harga Rp200.000 dan umbul-umbul dijual Rp20.000 perbuah.

Salah satu penjual pernak-pernik kemerdekaan lainnya, Sutarno, menyebut penjualan pernak-pernik kemerdekaan mengalami penurunan sejak tiga tahun terakhir.

"Pada 2016, ia mampu maraup laba bersih hingga 100 juta, kemudian menurun pada 2017 dengan keuntungan mencapai 70 juta. Sementara pada 2018, Sutarno mengaku hanya mengantongi bersih Rp50 juta" Katanya.

Ia menuturkan, salah satu penyebab terjadinya penurunan adalah semakin menjamurnya para penjual.

"Tapi kita bisa apa? Toh sama-sama mencari rezeki juga. Rezeki sudah ada yang atur," kata dia.

Meski terus mengalami penurunan, ia bersama para pedagang lain berharap tuah di tahun 2019. Apalagi saat ini bermunculan berbagai platform layanan jual beli, yang mampu menjangkau seluruh wilayah di Indonesia.

"Justru sekarang kami banyak mengandalkan pemesanan lewat online. Perbandingannya bisa 75-25 persen," kata dia.

Adapun pernak-pernik itu seperti bendera merah putih ukuran kecil, aneka bentuk hiasan gantung dan aksesoris bernuansa warna merah putih, bendera merah putih ukuran sedang, dan umbul-umbul, dan vitrase.Dari sejumlah lorong di Pasar Senen Blok V, nampak para pedagang tengah menjahit bendera, menghitung stok, hingga melakukan pengemasan bendera merah putih.
 

Editor. Ahmad Fiqi Purba

17 Agustus

 

 

Baca Juga