menu

Misbakhun: BJ Habibie Berhasil Bawa Indonesia Lewati Fase Moneter

Ekonomi
Kamis, 12 September 2019, 15:57 WIB
Penulis. Ahmad Fiqi Purba


Misbakhun: BJ Habibie Berhasil Bawa Indonesia Lewati Fase Moneter

Jenazah BJ Habibie tiba di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis (12/9/19).

SOKSINEWS.COM, Anggota Komisi XI DPR RI Fraksi Partai Golkar Mukhamad Misbakhun mengatakan Presiden Indonesia ke-3 RI Bachruddin Jusuf (BJ) Habibie berhasil membawa Indonesia memasuki fase pemulihan setelah mengalami krisi monoter cukup parah.

"Di bawah kepemimpinannya, beliau mengembalikan kurs rupiah yang sempat terjun ke level Rp16.800 per dolar AS pada Juni 1998 ke kisaran Rp7.000-Rp8.000 per dolar AS," kata Misbakhun dalam twitternya @MMisbakhun, Kamis (12/9/19).

Misbakhun mengungkapkan, BJ Habibie juga berhasil mensiasati penarikan dana besar-besaran saat itu.

"Penarikan dana besar-besaran yang marak terjadi disiasati dengan mengkonsolidasikan 4 bank milik pemerintah yang kemudian melahirkan Bank Mandiri," ujarnya.

Agar dapat menghasilkan mata uang rupiah yang berkualitas tinggi, BJ Habibie kata Misbakhun, memisahkan Bank Sentral dari kepentingan politik untuk bisa bekerja lebih objektif, profesional.

"BJ Habibie memisahkan BI dari pemerintah lewat Undang-Undang nomor 23 tahun 1999. Berkat keputusan beliau itulah, Bank Indonesia (BI) punya wewenang untuk mengintervensi rupiah hingga saat ini," ujarnya.

Tidak hanya itu, Mantan Pegawai Direktorat Jenderal Pajak itu menyampaikan, BJ Habibie juga menempuh kebijakan monter yang ketat melalui penerbitan Sertifikat Bank Indoneisia (SBI) dengan tingkat bunga tinggi.

"Tujuannya, agar masyarakat menyimpan kembali uangnya di bank, karena pada masa itu inflasi didorong dengan banyaknya jumlah uang beredar di masyarakat," ujarnya.

"Disaat bersamaan, BJ Habibie juga mempertahankan tarif dasar listrik dan BBM bersubsidi agar administered price dapat diturunkan,"pungkasnya.

BJ Habibie wafat di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta pada pukul 18.05 WIB, Rabu (11/9/2019). Jasadnya dikebumikan tepat di samping pusara istrinya, Hasri Ainun Besari, di Taman Makam Pahlawan Kalibata pada Kamis siang.[]

Editor. Ahmad Fiqi Purba

Mukhamad MisbakhunBJ Habibie

 

 

Baca Juga