menu
Baros International Animation Festival

BEKRAF: Animator Harus Mampu Ciptakan Cerita Yang Baik

Hiburan
Jumat, 18 November 2016, 01:30 WIB
Penulis.


<p>BEKRAF: Animator Harus Mampu Ciptakan Cerita Yang Baik</p>

Logo Baros International Animation Festival (BIAF) 2016

BANDUNG, Deputi Pemasaran Badan Ekonomi Kreatif (BEKraf) Joshua P Simajuntak mengatakan, animator lokal harus mampu menciptakan cerita bagus atau "story telling" dalam cerita karya animasinya.

"Animasi tanpa 'story telling' yang bagus akan luput dari pasar," kata Joshua saat kegiatan Baros International Animation Festival (BIAF) 2016 di Kota Cimahi, Kamis (17/11). 

Ia menuturkan, animator lokal di Indonesia sudah tidak diragukan lagi diberbagai karyanya yang menarik dan menjual.

Namun tantangan yang perlu diperhatikan animator lokal, kata dia, yaitu menciptakan cerita bagus yang dapat menarik penikmat animasi.

"Animasi Hollywood dipandu dengan 'love story' sehingga disukai pasar," katanya.

Ia berharap, kegiatan BIAF yang menghadirkan animator dari sejumlah negara dapat memberikan inspirasi bagi para animator di Indonesia.

"Semoga animator bisa banyak belajar dari mereka (negara lain)," katanya.

Ia menyatakan, lembaganya berkomitmen membangun ekosistem yang kondusif dalam mendorong kemajuan industri kreatif nasional khususnya animasi.

Ekosistem animasi yang bagus, menurut dia, yaitu Hollywood yang terdiri dari berbagai institusi, bahkan seorang animator yang mempunyai ide dapat dibantu permodalannya oleh perbankan.

"Mereka bisa datang ke fasilitas yang ada di situ untuk menciptakan karyanya, setelah itu berkolaborasi dengan pemasar internasional," katanya.

Ia menambahkan, animasi memili potensi yang dapat berkolaborasi dengan sektor-sektor lain selain film, yaitu desain, video klip, periklanan hingga penerbitan.

"Animasi telah menjadi salah satu sub sektor yang saling berhubungan dan memberikan nilai tambah," katanya.[]

Sumber: Antara


Editor. Melly Kartika

AnimasiBekraf

 

 

Baca Juga